Sabtu, 19 Januari 2013

cara memanfaatkan waktu dengan baik

sebelumnya saya termasuk orang yang tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik. banyak tips tentang metode memanfaatkan waktu yang pernah saya baca. tapi banyak dari metode tersebut yang tidak cocok bagi saya.

oleh karena itu saya melakukan uji coba dengan menerapkan beberapa metode memanfaatkan waktu dengan baik. gunanya adalah untuk mendapatkan metode yang cocok dalam memanfaatkan waktu dalam kehidupan saya. metode-metode yang diuji tersebut berasal dari berbagai sumber yang pernah saya baca.

dari hasil uji coba yang memakan waktu cukup lama, saya menarik kesimpulan bahwa ada empat metode yang cocok bagi saya dalam memanfaatkan waktu dengan baik.
 
  1. , membuat daftar kegiatan atau pekerjaan. saya mendaftarkan semua pekerjaan yang sanggup saya kerjakan hari ini. kemudian saya berniat untuk menyelesaikan semua kegiatan yang ada di daftar tersebut hari ini juga.
  2. , melakukan apa yang bisa saya lakukan saat ini. setelah daftar pada tahap pertama selesai, maka saya mengerjakan apa yang bisa saya kerjakan terlebih dahulu. saya tidak memaksakan diri untuk mengerjakan apa yang belum sanggup saya kerjakan karena hanya akan menghabiskan waktu saja. kecuali jika pekerjaan tersebut mendesak. 
  3. , tidak melakukan pekerjaan yang sia-sia. di tengah-tengah menyelesaikan pekerjaan kadang terselip kegiatan yang tak berguna, seperti main game, internet dan lain-lain. hindari kegiatan tersebut secepatnya agar tidak membuang-buang waktu. 
  4. , selalu ingat 3m (mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan mulai dari sekarang). ini adalah metodenya aa gym. walaupun sekarang ia sudah kurang populer, tapi metode sederhananya masih populer di kehidupan saya. metode 3m ini cukup powerfull untuk dijadikan landasan dalam menerapkan ketiga metode sebelumnya.

metode-metode di atas cukup jitu jika diterapkan dalam kehidupan saya. metode tersebut bisa juga cocok buat anda dan bisa juga tidak. jika tidak cocok, maka anda bisa melakukan uji coba sendiri. dengan begitu anda juga akan mendapatkan metode yang cocok buat anda.

semoga berhasil.

posted by rory on 3 february 2012. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar